Kodim 0309/Solok Gelar Komsos Dengan Aparat Pemerintahan

Editor: KONTRUKTIF.com author photo


KONTRUKTIF.COM-Solok, Kodim 0309/Solok, gelar Komunikasi Sosial (Komsos) dengan Aparat Pemerintahan dengan tema “Transformasi Digital Ciptakan Aparat Pemerintahan Unggul”, bertempat di Aula Yudha, Makodim 0309/Solok, Jln. A. Yani No. 1 Kota Solok, Selasa, (20/6/23).

Dalam sambutannya, Dandim 0309/Solok, Letkol Inf Aji Satrio S.E., M.Si., Komsos ini merupakan sarana yang efektif untuk memelihara dan meningkatkan kebersamaan guna membangun komunikasi dialogis dan saling memberi informasi terkait situasi yang terjadi di wilayah.

Komunikasi Sosial (Komsos) ini juga merupakan bagian dari program kerja di bidang Teritorial dengan tujuan untuk mempererat hubungan baik dan menjalin ikatan tali silaturahmi antara TNI khususnya Kodim 0309/Solok dan unsur Pemerintah dan masyarakat.

Dandim menyampaikan bahwa Transformasi digital adalah bagian dari proses teknologi yang lebih besar. Transformasi digital merupakan perubahan yang berhubungan dengan penerapan teknologi digital dalam semua aspek kehidupan masyarakat. Transformasi ini adalah tahap ketiga dalam alur teknologi digital.

“Dengan transformasi digital, kita dapat bertahan dalam persaingan melawan para kompetitornya. Kedepannya aparat pemerintahan dapat menerapkan transformasi digital dengan membuat aplikasi online yang memudahkan sesuatu pekerjaan, hingga kebutuhan sehari-hari.,” kata Dandim.

Lanjut Dandim Letkol Inf Aji Satrio, Kodim sebagai satuan teritorial tertinggi di Kota Solok, dan dibawahnya ada 12 Koramil jajaran di tiga wilayah Solok Raya, dan yang paling bawah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat adalah Bintara Pembina Desa (Babinsa).

Kodim merupakan perpanjangan tangan dari satuan TNI AD sebagai bagian dari pertahanan negara, dimana Kodim 0309/Solok yang mempunyai tanggungjawab serta tugas pokok satuan kewilayahan dalam memberdayakan wilayah pertahanan darat yang ada diwilayah.

Upaya-upaya yang dilakukan TNI AD lewat Kodim tentunya melalui pembinaan teritorial terdiri dari 3 bagian yang salah satunya adalah Komsos yang terlaksana saat ini dengan Aparat pemerintah. Komunikasi sangat penting dengan semua pihak baik itu aparat pemerintah, Polri dan masyarakat sehingga saluran komunikasi itu berjalan dengan baik, jangan sampai tersumbat atau terhambat. Maka Kodim hadir lewat para Babinsa untuk memperkuat komsos tersebut.

“Intinya kita tidak inginkan terjadi sumbatan pada komunikasi yang akhirnya terjadi konflik antar sesama masyarakat. Tetapi ketika saat komunikasi sudah berjalan baik, tentunya ada kebersamaan di masyarakat dengan aparat Pemerintah setempat, aparat TNI maupun Polri. Komsos berjalan, maka harapan kita saling ada rasa kebersamaan dan rasa memiliki terhadap NKRI yang tidak sebatas ucapan tapi perbuatan”, ungkap Dandim.

Ia berharap kepada seluruh aparatur pemerintah terkait dengan adanya komsos ini, dapat memupuk sinergitas kerjasama yang solid antara unsur TNI (Kodim 0309/Solok) dengan aparatur pemerintahan.

"Sehingga visi dan misi selaras dalam membantu pembangunan daerah demi terwujudnya Solok Raya yang berhati nyaman", tandasnya.(Ril)

Share:
Komentar

Berita Terkini