Buka Pra Forum Satu Data Sumut, Ilyas Sitorus Minta Dukungan OPD Sumut

Editor: KONTRUKTIF.com author photo

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Ilyas Sitorus  membuka kegiatan Pemutakhiran Usulan Daftar Data Pra Forum Satu Data di Lingkungan Pemprov Sumut di Ruang Jamin Ginting Le Polonia Hotel & Convention, Jalan Sudirman Nomor 14 Medan, Kamis (11/5).

KONTRUKTIF.COM
-Medan,Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Ilyas Sitorus meminta dukungan dan komitmen seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Sumut mendukung Satu Data Indonesia (SDI). Karena OPD merupakan walidata pendukung dan produsen data.

"Kita tidak bisa berjalan sendiri-sendiri, kita harapkan dukungan OPD untuk mewujudkan SDI ini, supaya di lingkungan Pemprov Sumut kita bisa bekerja lebih mudah, lebih cepat, dan lebih akurat," ucap Ilyas Sitorus saat memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Pemutakhiran Usulan Daftar Data Pra Forum Satu Data di Lingkungan Pemprov Sumut di Ruang Jamin Ginting Le Polonia Hotel & Convention, Jalan Sudirman Nomor 14 Medan, Kamis (11/5).

Menurut Ilyas Sitorus, data-data yang terhimpun di Kominfo Sumut dan tersambung di portal Satu Data Indonesia (SDI) nantinya akan sangat membantu untuk mendukung perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan di Sumut.

"Dengan adanya SDI di lingkungan Pemprov Sumut akan mempermudah pimpinan mengambil kebijakan, bahkan dapat dibagipakaikan antar-instansi pusat, serta daerah  yang membutuhkan data tersebut," jelasnya.

Selain itu, Ilyas juga menyampaikan penyelenggaraan tata kelola data di lingkungan Pemprov Sumut sudah berbasis elektronik sejak 2018, namun dalam berjalannya proses ada beberapa permasalahan seperti data yang belum memenuhi standart serta tidak terdapatnya metadata yang menjelaskan maksud dan sasaran data. Sehingga dalam proses pakai data belum memenuhi kebutuhan data untuk proses pembangunan.

Untuk itu, Ilyas berharap  OPD sebagai produsen data atau walidata pendukung, mulai mengubah mindset dalam memandang data. Serta kepada BPS Sumut sebagai pembina data di daerah juga diminta untuk membantu mana data prioritas yang  dibutuhkan.

"Saya berharap kita tidak seperti judul lagu ‘masih seperti yang dulu’, tapi mari kita lakukan  perbaikan-perbaikan untuk kemajuan Sumut dengan mendukung penerapan SDI di lingkungan Pemprov Sumut,"harapnya.

Sementara, Kepala Bidang Stistik Sektoral Diskominfo Sumut Iwan Sutani Siregar mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk merumuskan Pre-List data prioritas dan pembahasan usulan data prioritas perangkat daerah selaku walidata pendukung dan prodiusen data.(Irwan)

Share:
Komentar

Berita Terkini