Wujudkan Keluarga Sejahtera, Kodim 0110/Abdya Gelar Kegiatan Program KB Kesehatan

Editor: KONTRUKTIF.com author photo

DETEKSI.co - Aceh Barat Daya, Kodim 0110/Abdya menggelar kegiatan Program KB (Keluarga Berencana) Kesehatan Semester I Tahun 2021yang bertempat di Kantor Keuchik Desa Alue Seulaseh, Kecamatan Jeumpa, kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Kamis (8/4/2021).

Pelaksanaan program KB Kesehatan tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya pernikahan di usia dini, menekan angka kematian ibu dan bayi akibat hamil di usia yang terlalu muda atau terlalu tua, atau akibat penyakit sistem reproduksi. Menekan jumlah penduduk serta menyeimbangkan jumlah kebutuhan dengan jumlah penduduk di Indonesia.

Keuchik gampong Alue Seulaseh, Ramaizan dalam sambutannya mengharapkan masyarakat agar tidak salah dalam mengartikan KB.

"Masyarakat jangan salah mengartikan  KB ini, dengan adanya program KB ini diharapkan dapat mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera," ucap Keuchik Desa Alue Seulaseh.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan (PMP4), Kabupaten Abdya, Nur Afni Muliana SPd dalam sambutannya mengatakan bahwa KB bukan lah upaya pemerintah untuk melarang banyak anak, tapi untuk mengatur jarak umur anak supaya orang tua dapat mengurus dan mendidik anaknya secara baik dan maksimal.

"KB merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengatur jarak  kelahiran anak sehingga orang tua dapat mengurus dan mendidik anaknya sewaktu kecil dengan baik," terangnya.

Masih menurut Nur Afni, Pola pikir generasi muda yang ingin membangun sebuah keluarga harus lah matang terlebih dahulu selain itu faktor ekonomi juga menjadi penentu kesejahteraan sebuah keluarga. 

Sementara itu Dandim 0110/Abdya yang diwakili oleh Plh Pasiter Kodim 0110/Abdya, Kapten Inf Mohd Arifin dalam arahannya ketika membuka acara tersebut mengatakan bahwa Kodim 0110/Abdya mempunyai program kesehatan KB yang akan dilaksanakan disetiap semester.

"Kodim 0110 /Abdya sangat mendukung kegiatan KB kesehatan ini, yang mana salah satu tujuan program KB kesehatan ini agar dapat diterapkan di tengah keluarga diantaranya untuk mencegah terjadinya kematian pada ibu-ibu dan dapat mengatur jarak kehamilan," ucap Pasiter.

Sebagai Satkowil, kami siap membantu dan bekerja sama dengan pemerintah daerah bukan hanya dalam segi KB kesehatan saja, akan tetapi dalam semua bentuk kegiatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat," jelasnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh, Ketua Persit Cabang XXXII Kodim 0110 /Abdya, Ny Noor Arip Subagiyo beserta pengurus. Koordinator Penyuluh Lapangan KB Kecamatan Jeumpa, Rasyidah, mewakili Plh Danramil 03/Jeumpa, Serka Boy Hulman Silitonga serta Kader KB kecamatan Jeumpa. (Rob's)
Share:
Komentar

Berita Terkini