Ini Bahaya Jika Minum Air Kelapa Berlebihan

Editor: KONTRUKTIF.com author photo
Ilustrasi buah kelapa muda
DETEKSI.co - Jakarta, Tidak ada yang menyangkal khasiat luar biasa dari minum air kelapa untuk kesehatan. Namun, Anda sebaiknya jangan mengkonsumsi air kelapa secara berlebihan, karena bisa menimbulkan efek samping. Berikut ini beberapa penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.


1. Memiliki Sifat Diuretik Efek samping air kelapa bila terlalu banyak dikonsumsi bisa membuat kamu sering buang air kecil. Hal ini dikarenakan air kelapa memiliki sifat diuretik. Meskipun salah satu manfaat dari air kelapa bisa menghidrasi tubuh, tetapi bila terlalu banyak meminumnya justru membuatnya menjadi tidak sehat.

2. Menyebabkan Ketidakseimbangan Elektrolit Di dalam air kelapa terdapat kandungan kalium tinggi yang baik untuk kesehatan.

Namun, konsumsi air kelapa terlalu berlebihan bisa memicu terjadinya hyperkalemia.

Ini merupakan kondisi ketika jumlah kalium dalam darah sangat tinggi yang bisa melambatkan detak jantung. 3. Bukan Sebagai Asupan Harian untuk Diet

Memang air kelapa menjadi minuman yang rendah lemak, tetapi bukan berarti menjadikan air kelapa sebagai obat penurun berat badan atau obat diet alami.

Hal ini dikarenakan efek samping air kelapa bila dikonsumsi secara berlebihan bisa membuat kamu mengalami diare. 4. Menimbulkan Kejang Otot Jangan mengonsumsi air kelapa secara berlebihan ketika kamu sedang berada dalam perjalanan ke suatu tempat. Hal ini dikarenakan salah satu efek samping air kelapa, yakni bisa menimbulkan kejang otot dan rasa lelah di badan akibat dari kadar kalsium dalam kandungan air kelapa yang terlalu berlebihan.

5. Bertindak Sebagai Pencahar

Efek samping air kelapa bila terlalu berlebihan bisa memunculkan masalah pencernaan. Hal ini dikarenakan air kelapa juga termasuk pencahar alami. Bagi kamu yang sedang mengalami sembelit, air kelapa sebenarnya bagus untuk membantu melancarkan pencernaan yang terganggu. (Net)

Share:
Komentar

Berita Terkini