Hari Ini, Dewan Pers Verifikasi Faktual DETEKSI.co

Editor: KONTRUKTIF.com author photo

DETEKSI.co - Medan, Setelah dinyatakan lolos verifikasi administrasi oleh Dewan Pers, kini Dewan Pers menyambangi kantor redaksi deteksi.co di Jalan Pembangunan No.132, Kel. Helvetia Timur, Kec. Medan Helvetia guna melakukan verifikasi faktual, Senin (12/4/2021), sekira pukul 15.30 WIB.

Pertemuan tersebut turut dihadiri oleh Wakil Ketua Dewan Pers, Hendri CH. Bangun didampingi oleh Kepala Bidang Pendataan dan Verifikasi Dewan Pers, Rita Sitorus, Sekertaris SMSI, Eris Napitupulu, Wakil Ketua SMSI Agus Lubis.

Kedatangan Tim Dewan Pers ke kantor redaksi deteksi.co disambut langsung oleh Pimpinan Umum Dofuzogamo Gaho, Pimpinan Perusahaan Anjas Milan, ST,  Pimpinan Redaksi/ Penanggungjawab diwakili Wakil Pimpinan Redaksi, Irwan Ginting, SH dan Redaktur Irvan Robertus Rumapea.

Dalam kunjungan, Kepala Bidang Pendataan dan Verifikasi Dewan Pers, Rita Sitorus cukup selektif dalam melakukan pemeriksaan berkas dokumen yang sudah dikirim sebelumnya melalui website dewan pers.

Selain itu, Rita juga menanyakan keberadaan Pimpinan Redaksi/ Penanggungjawab Togang Sitorus. "Pimpinan Redaksinya kemana dan kenapa tidak hadir," tanya Rita Sitorus sembari memeriksa berkas kelengkapan perusahaan deteksi.co. 

Kemudian, ia juga mempertanyakan sistem pengajian dan besaran gaji yang di berikan kepada admin, redaktur dan marketing iklan. Rita Sitorus langsung bertanya, "Berapa orang yang diberikan gaji, salah seorang redaktur dan benarkah Redaktur Irvan Robertus Rumapea diberikan gaji sesuai dengan yang tertera di slip gaji," tanyanya.

Menjawab hal tersebut, Redaktur Irvan Robertus Rumapea membenarkan jumlah besaran gaji yang berikan oleh perusahaan kepadanya. "Benar, itu slip gaji saya ibu dan itu juga benar tandatangan saya," ujar Irvan sembari menunjukan bukti tandatangan yang tertera di KTP. 

Menanggapi hasil verifikasi Dewan Pers, Pimpinan Umum Dofuzogamo Gaho, menyampaikan apresiasi kepada tim verifikasi Dewan Pers meskipun Pimpinan Redaksi tidak dapat hadir berhubung karena sakit, namun demikian Pimpinan Umum deteksi.co tetap melengkapi data-data yang dibutuhkan oleh Dewan Pers.

Menurut Dofu, dengan pencapaian ini, maka deteksi.co kedepan sudah menjadi media online yang profesional menyuguhkan berita berita yang sifat edukasi dan menjadi sosial control dengan menjungjung tinggi Kode Etik Jurnalis.

"Saat ini, deteksi.co menjadi perusahaan pers yang bisa dipertanggungjawabkan keberadaannya. Dan, tentu saja, harus bisa menjadi pers yang bekerja secara profesional," kata Dofu.

Dofu menambakan, saat ini beberapa wartawan deteksi.co sudah memiliki sertifikat Uji Kopetensi Wartawan (UKW) Muda dan pimpinan redaksi memiliki sertifikat UKW Utama. Mereka juga mendapatkan jaminan perlindungan sosial baik BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Hal senada juga disampaikan Pimpinan Perusahaan PT. DETEKSI DORHETA DIRGA (D3), Anjas Milan, ST, selaku  perusahaan yang menaungi deteksi.co. Menurut Anjas, verifikasi faktual ini adalah langkah awal kebangkitan media Siber agar semakin konsisten membuat konten jurnalistik yang berkualitas.

Diakhir pertemuannya, oleh Wakil Ketua Dewan Pers, Hendri CH. Bangun, di dampingi oleh Kepala Bidang Pendataan dan Verifikasi Dewan Pers, Rita Sitorus memberikan cenderamata sebuah buku yang berjudul "Dewan Pers Periode 2019 - 2022", yang berisikan tentang mengembangkan kemerdekaan pers dan meningkatkan kehidupan pers Nasional.

Pun demikian, pertemuan tersebut tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes), menjaga jarak, memakai masker dan memakai sanitaizer dan diakhiri dengan foto bersama. (Irvan)

Share:
Komentar

Berita Terkini